100 KK Miskin Penerima Jamban Sehat dari LKKS

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Ratusan kepala keluarga (KK) miskin di empat kanagarian di Kabupaten Pasaman patut berbahagia. Sebab, jamban sehat yang mereka idam-idamkan selama ini, kini menjadi kenyataan. 

Wakil Ketua LKKS Pasaman, Mira Delima mengatakan, sebanyak 100 KK miskin diempat nagari di daerah itu terima bantuan pembangunan jamban sehat dari LKKS Provinsi Sumatera Barat. 

"Sebanyak 25 jamban di Nagari Ganggo Mudiak, Bonjol dan Nagari Sundatar, Lubuksikaping. Berikutnya, 30 jamban di Nagari Panti, Kecamatan Panti dan 20 jamban lagi di Nagari Lubuk Layang, Rao Selatan," kata Mira.

Adapun total bantuan pembangunan jamban sehat ini senilai Rp33 juta. Rp25 juta merupakan bantuan Baznas. Selebihnya, sebesar Rp8 juta bantuan LKKS Provinsi Sumbar untuk 100 jamban leher angsa. 

"Jamban merupakan fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit. Penggunaan jamban tidak hanya nyaman, melainkan juga turut melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat," pungkas Mira.(Anto)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita