55 Anggota Pencak Silat SHT Ikuti Prosesi Ritual Pelantikan

INDONESIASATU.CO.ID:

Slawi. Persaudaraan Setia Hati Teratai (SHT) merupakan sebuah perguruan Pencak Silat yang berpusat di Madiun, Jawa Timur namun berkembang pesat di wilayah Tegal, Brebes dan Pemalang. Menurut Ketua Cabang SHT Kabupaten Tegal Agus Suprayogi, SE, perguruan yang berdiri sejak 2004 itu kini sudah melantik dan mengesahkan sekira 600 an anggota yang menjadi warga tingkat satu.

Perguruan SHT selanjutnya Sabtu, (22/9) kemarin tepatnya dimulai pada pukul 00.00 WIB mengadakan acara pengesahan Warga Tingkat I yang diadakan didesa Selapura, Kabupaten Tegal diikuti oleh hampir semua anggota sekira 55 orang yang sudah bersabuk putih mengikuti prosesi ritual pelantikan (pengesahan) menjadi Warga.

Diawali pukul 00.00 WIB, peserta calon Warga Tingkat I dengan hidmat mengikuti arahan Pelatih yang didatangkan dari pengurus pusat Ir. Satrio Adi Nugroho. Para calon Warga dalam prosesi tersebut harus melewati tahapan yang sangat melelahkan selain mengikuti mandi air sirih dengan cara disiramkan kesekujur tubuh calon Warga, juga para calon harus mengikuti pelatihan secara fisik bagi semua anggota yang dimulai dari sabuk polos, Jambon, Hijau dan sabuk Putih. Begitu sulitnya proses dalam pencapaian puncak sabuk, tidak jarang anggota yang tidak lulus. Sulitnya proses dalam pencapaian itu diakui dan dibenarkan oleh salah satu calon asal Brebes, Teguh Wigono.

“ Saya selama mengikuti latihan di perguruan pencak silat itu sejak masih sabuk Polos dan hingga memasuki sabuk putih hanya tinggal saya saja,” Ujar Teguh. Hadir dalam acara prosesi ritual pengesahan antara lain Aryono, Ir. Satrio Adi Nugroho, Satrio Budi Kurniawan, H. Tambari Gustam, Agus Suprayogi dan tokoh masyarakat lainnya. (Anis Yahya)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita