Ary Julianto: Ini 5 Kaidah Menulis di Media Online

indonesiasatu, 21 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Penulisan online memiliki kaidah dan gaya yang berbeda dengan gaya penulisan di media cetak atau elektronik (Radio/TV).

Hal ini dijelaskan Kepala Seksi Kesejahteraan PWI Jaya, Ary Julianto saat memberikan penyegaran tentang "Teknik dan Cara Penulisan Berita" pada Orientasi Wartawan PWI Jaya Angkatan ke 3/2019, (21/11).

Acara yang dihadiri lebih dari 40 peserta dari berbagai perusahaan media ini memberikan pembekalan tentang kaidah menulis efektif di Media Online, di antaranya:

  1. Scannability, yaitu berita harus mudaj untuk dipindai, enak dipandang mata, eye catching, catchy, dan menarik perhatian.
  2. Readability, yaitu berita harus mudah dibaca, enak dibaca, nyaman di mata, dan tidak memberatkan mata.
  3. Usability, yaitu berita harus bermanfaat, dicari orang karena memang dibutuhkan.
  4. Findability, yaitu berita harus mudah ditemukan, mudah diklik, muncul di halaman pertama Google. 
  5. Visibility, yaitu berita harus mudah dilihat, mudah ditemukan, menggunakan huruf kapital, bold, italic, sebagai underlining untuk kata, kalimat, atau bagian tertentu.

"Supaya berita banyak dibaca kemampuan SEO (Search Engine Optimation) harus dipunyai," jelas Ary.

Selanjutnya Ary juga menekankan bahwa kemampuan untuk menggunakan media sosial untuk membagi berita juga menjadi hal penting.

"Link berita yang bagi ke facebook, kaskus, babe, atau media sosial lainnya bisa berarti sebagai rekomendasi berita untuk dibaca, sehingga rating media kita bisa naik," lanjut Ary.

"Terlepas dari itu semua, penulis dengan memperhatikan 5W+1H sebagai penentuan teras berita juga menjadi daya tarik berita untuk dibaca," tutup Ary

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu