Bawaslu Pasaman Pertanyakan Komitmen Pemkab Pasaman Sukseskan Pengawasan Pemilu 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, sangat menyayangkan sikap Pemerintah Daerah setempat yang tidak memfasilitasi terhadap usulan peminjaman kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan pengawasan pemilu 2019 mendatang.

"Kami sangat menyayangkan sikap Pemda Pasaman yang tidak memfasilitasi peminjaman kendaraan operasional yang kami ajukan. Padahal pengajuan permohonan peminjaman ini sudah semenjak November 2017. Terakhir kami ajukan 22 Juni 2018 lalu. Namun sampai saat ini tak kunjung ada titik terangnya,"terang Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita diruang kerjanya, Rabu (05/09/2018).

Menurut Rini Juita, kebutuhan kendaraan operasional tersebut sangat dibutuhkan dalam menunjang pelaksanaan pengawasan pemilu ke daerah Kecamatan.

"Kebutuhan kendaraan operasional ini guna memaksimalkan pencegahan dan pengawasan pemilu ke seluruh daerah Kecamatan di Kabupaten Pasaman. Sebab, akses dibeberapa Kecamatan masih sangat sulit ditempuh oleh kendraan roda empat gardan satu. Untuk itu kami sangat membutuhkan kendaraan roda empat gardan dua seperti: Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Mapat Tunggul, Dua Koto, dan Tigo Nagari,"katanya.

Rini Juita juga mengatakan, pengajuan permohonan kendaraan operasional tersebut sudah sesuai dengan Undang-undang nomor 7 Tahun 2017 untuk kelancaran pengawasan pemilu.

"Didalam UU Nomor 7 Tahun 2017 pasal 434 sangat jelas pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas kepada penyelenggara pemilu dalam menunjang kinerja dan pengawasan. Jadi pengajuan yang kami lakukan ini sudah sangat proporsional dan sesuai ketentuan UU  yang berlaku,"jelasnya.

Rini Juita berharap Pemerintah Daerah segera bisa memfasilitasi kebutuhan kendaraan operasional tersebut. Agar pencegahan dan pengawasan pemilu dapat terlaksana dengan maksimal diseluruh daerah Kabupaten Pasaman. Sehingga cita-cita pemilu 2019 yang berkualitas dapat tercapai.
(***)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita