Bukit Langkisau: Pemandangan Spektakuler di Pesisir Selatan Sumatera Barat

PESSEL.ID: PAINAN - Akhir pekan ini, saatnya pergi ke Painan di Kabupaten Pesisir Selatan. Di sana ada Bukit Langkisau, dengan pemandangan teluk yang spektakuler.

Pada hari Minggu pekan lalu (17/4/2016), detikTravel beserta rekan media sempat berkunjung ke Painan di Kabupaten Pesisir Selatan untuk menghadiri Festival Langkisau 2016. Usai melihat festival, saya pun berinisiatif mencari spot terbaik untuk melihat keindahan Painan.

Melalui masukan driver, akhirnya saya dan rekan media memutuskan untuk singgah ke Bukit Langkisau yang disebut sebagai titik terbaik untuk melihat Painan dari ketinggian.

Tapi sebelum memulai perjalanan, driver kami yang bernama Wiwik sudah meminta izin terlebih dulu untuk mematikan pendingin udara di mobil. Alasannya, jalan yang menanjak curam menuju Bukit Langkisau.

Benar saja kata Wiwik, jalanan menuju Bukit Langkisau ternyata cukup curam dan berkelok-kelok. Selain dibutuhkan pengalaman, mobil pun disarankan dalam kondisi prima sebelum mendakinya. Untung saja akses jalan sudah diaspal dan cukup baik.

Dalam perjalanan singkat berdurasi 15 menit-an menuju Bukit Langkisau, saya disuguhkan keindahan Laut Painan serta pepohonan hijau dan kota yang tampak seperti miniatur dari pinggir jalan. Padahal itu juga belum sampai di puncak bukitnya.

Setelah melewati sebuah vila, akhirnya saya tiba di Bukit Langkisau yang direkomendasikan. Usai memarkirkan kendaraan, traveler pun harus lebih dulu melewati beberapa tingkat tangga untuk mencapai ke puncak teratas.

Ketika menjejakkan kaki di puncak Bukit Langkisau, saya pun hanya bisa menganga kagum saat melihat keindahan yang disuguhkan. Tampak jelas sisi lain Painan yang disertai dengan anke pulau hingga jalan raya. Walau langit sedikit mendung, tapi tetap tidak mengurangi keindahannya.

Saat itu kami pun tidak sendiri. Sudah ada traveler lain yang lebih dulu sampai. Semuanya pun datang dengan satu tujuan, yakni untuk melihat keindahan Painan dari atas Bukit Langkisau. Terlihat jelas dari sejumlah tongsis hingga ponsel yang dipegang oleh mereka.

Selain itu, Bukit Langkisau juga populer sebagai spot olahraga ekstrim paralayang. Siapa pun diperbolehkan untuk mencoba terbang setelah meinta izin pada pengelola tempat.

Bagi yang membawa peralatan sendiri dan sudah memiliki setifikat, diperbolehkan terbang sendiri tanpa membayar jika cuaca memungkinkan. Sedangkan jika Anda dalah orang awam, bisa coba terbang tandem dengan terlebih dulu membayar Rp 300 ribu. Menarik kan?

Jika Anda tengah liburan ke Painan di Kabupaten Pesisir Selatan, sempatkanlah mampir ke Bukit Langkisau. Dari sana tampak jelas keindahan Painan dari ketinggian.

(rdy/fay)

Sumber: travel.detik.com