Guru Cabuli Siswi SMPN 6 Jombang, Diputus 14 Tahun Penjara

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Putusan Pengadilan Negeri Jombang (PN) memberikan hukuman penjara kepada Eko Agriawan (48) tahun serta denda sebesar 2 miliar rupiah. 

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah telah melakukan tindakan pencabulan terhadap 26 siswi didiknya. 

Modus terdakwa dilakukan dengan membujuk para murid untuk di rukyah. Alhasil, rukyah oleh Guru Bahasa Indonesia SMPN 6 berujung pada tindakan pencabulan disejumlah tempat. 

Dari berita dakwaan yang dibacakan majelis hakim Hera Kartiningsih terungkap pencabulan dilakukan di Mushola, ruang kelas, hotel, lapangan basket, dan mobil terdakwa. 

Terdakwa dijerat dengan pasal 82 Jombang junto pasal 76E Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa, yaitu hukuman penjara selama 14 tahun dan denda sejumlah 2 miliar rupiah, subsider 6 bulan masa tahanan," kutipan dakwaan yang dibacakan Majelis Hakim Hera Kartiningsih untuk terdakwa Eko Agriawan.

Selain itu, posisi terdakwa sebagai guru di sekolah tersebut memberatkan jeratan hukuman. Menurut isi dakwaan guru harusnya mengayomi dan mendidik murid dengan baik. Sebagai wakil orang tua di sekolah, guru diharapkan memberikan perlindungan dan kenyamanan pada murid didik.

Kuasa hukum terdakwa, Syaiful Bahri menyatakan masih pikir-pikir atas putusan dakwaan yang menjerat kliennya. 

"Sudah kita dengar hasilnya, kami masih pikir-pikir dulu, waktunya sampai minggu depan. Kami telaah dulu, kami kaji dulu," ungkap Penasehat hukum dari PBH PGRI itu.

Bagi penasehat ada sejumlah hal yang disampaikan majelis hakim masih kurang sinkron dengan keterangan terdakwa. Diantaranya, keterangan yang menyatakan terdakwa berbelit-belit saat memberikan keterangan dan keterangan para saksi yang memberatkan terdakwa.

Reporter : fredy

Editor : Syarif 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita