Hubungan Media dan Pemerintah sebagai Badan Publik: Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi

indonesiasatu, 12 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

OPINI - Sebagai lembaga publik pemerintah dituntut transparansi dan akuntabilitasnya kepada masyarakat sebagai pemilik mandat dan anggara.

Kewajiban transparansi dan akuntabilitas itu sudah diatur dalam UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

Diminta atau Tidak pejabat publik yang mewakili Badan Publik dimana dia bekerja harus membuka ruang seluas-luas bagi masyarakat yang diwakili oleh media atau para wartawan yang membutuhkan informasi tentang Rencana, Kerja, Anggaran (RKA) dan Kegiatan Lembaga (KL) yang otomastis secara langsung mempunyai dampak atas kesejahteraan mereka.

Media atau para wartawan/jurnalis yang bekerja mewakili masyarakat bekerja diatur dan dilindungi oleh UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, yang menjamin hak mereka atas permintaan informasi publik sebagaimana telah diatur oleh UU No.14 tentang Keterbukaan Informasi.

Pemerintah sebagai Badan Publik tidak bisa menolak permintaan informasi publik dengan alasan apapun, karena bisa dianggap menghalangi kerja wartawan dalam melakukan tugasnya, dan apabila pejabat publik

 melakukan pembatasan informasi publik maka dia bisa dilaporkan ke Komisi Informasi dengan Ancaman Hukuman 1 Tahun Penjara, dengan proses hukum mulai dari PTUN sanpai ke Mahkamah Agung.

Wartawan dalam bekerja dituntut untuk selalu berkoordinasi dengan Pemimpin Redaksi dan Pihak terkait lainnya sebelum melakukan investigasi dan verifikasi suatu informasi atau berita yang menarik perhatian masyarakat dan pihak penegak hukum.

Hal ini perlu dilakukan karena apabila membutuhkan perlindungan hukum dan keamanan maka bisa diantisipasi dari awal, oleh para pihak penegak hukum apabila ada tindakan di luar hukum yang dilakukan oleh pihak-pihak atau oknum pejabat publik yang merasa dirugikan.

Oleh karena itu para wartawan atau jurnalis sebelum melakukan publikasi berita perlu melakukan etos kerja: Koordinasi, Imvestigasi, dan Verifikasi. (Hendri)

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu