KPU Kota Tegal Belum Akui Tanda Tangan Tommy Soeharto

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Pernyataan tersebut berkaitan dengan keluhan Ketua DPD Partai Beringin Karya atau Berkarya Kota Tegal, Ahmad Shofi, SE yang menunggu janji KPU Kota Tegal untuk melakukan verifikasi ulang atas SK Partai Berkarya DPD Kota Tegal.

Menurut Ahmad Shofi, hirarki penerbitan SK diawali dari penerbitan SK Partai Berkarya DPW Provinsi Jawa Tengah yang ditanda tangani Ketua Umumnya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto dan Sekretaris Jenderal Priyo Budi Santoso.

Selanjutnya Partai Berkarya DPW Provinsi Jawa Tengah menerbitkan SK untuk Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Kota/Kabupaten dalam hal ini Kota Tegal dan seterusnya pada level dibawahnya.

Kepada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, Shofi menyebutkan pihaknya sudah pernah melakukan pertemuan dengan pihak KPU Kota Tegal pada tanggal 9 Juni lalu dan disebutkan bahwa pihak KPU Kota Tegal akan melakukan verifikasi ulang terlebih dahulu atas keabsahan surat-surat berupa SK termasuk yang ditanda tangani Tommy Soeharto ke KPU Provinsi atau ke KPU Pusat.

“ Ya nunggu verifikasi berjenjang owh...DPW Jateng 2 kepengurusan ....ya yang verifikasi kpu propinsi.... kalau Dpw sudah jelas...baru kpu kota verifikasi ke dpd yg sah owh.... Itu si Sofi ke kpu baru sekitar 5 hari lalu...” Demikian Agus Wijanarko, SH menjelaskan pada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu, www.indonesiasatu.co.id  Minggu, (17/6).

Namun menurut Ahmad Shofi, hingga 20 hari kalender semenjak diserahkannya berkas-berkas partai Berkarya yang sah kepada KPU Kota Tegal, pihak partai Berkarya DPD Kota Tegal belum mendapatkan informasi apapun dari pihak KPU Kota Tegal. Sehingga atas lambannya kerja KPU Kota Tegal, dianggap merugikan partai Berkarya karena banyak kehilangan informasi yang bersumber dari KPU Kota Tegal sendiri.

“ KPU nampaknya lebih mendengarkan kelompok yang nota bene kepengurusannya sudah dibatalkan atau dicabut oleh DPP melalui SK yang juga ditanda tangani oleh bapak Tommy, contohnya hari ini ( Minggu, 17 Juni 2018 – red ) ada undangan KPU di Bahari Inn ternyata kami yg punya SK sah justru tidak mendapatkan undangan,” Ujar Ahmad Shofi.

Mengenai perihal undangan KPU, Agus Wijanarko menepis anggapan itu karena meskipun ada dualisme kepemimpinan, setiap acara yang diselenggarakan oleh KPU, keduanya akan diundang.

“ Kepengurusan ganda mesti diundang semua... mungkin persoalan yang ngirim ke alamat kantor ndak ada yang jaga.. coba ntar saya tanyakan ke kurir,” Kata Agus

Seperti diketahui, KPU Kota Tegal masih beranggapan Partai Berkarya di Jawa Tengah masih menghadapi dualisme kepemimpinan. DPW pimpinan Slamet Warsito dan pimpinan H. Suwito.

Meski sudah ada surat keputusan No. SK-12/DPP/BERKARYA/V/2018 tentang pengesahan pengurus DPW Partai Berkarya Provinsi Jawa Tengah periode 2017 - 2022 dengan Ketua H. Suwito dan ditanda tangani oleh Ketua Umum Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), namun KPU Kota Tegal masih tidak percaya dan akan melakukan dengan caranya sendiri termasuk SK Partai Berkarya DPD Kota Tegal.

Sementara disebutkan bahwa Partai Berkarya DPP telah membatalkan dan mencabut SK.33.2/DPP/BERKARYA/VIII/2017 bahwa kepengurusan sebelumnya sudah tidak berlaku lagi dan SK DPD Partai Berkarya Kota Tegal kepengurusan yang sah periode 2017 - 2022 yang ditanda tangani Hutomo Mandala Putra SK No. SK.33.76.2/DPP PARTAI/BERKARYA/XII/2017.

Alhasil, dari hasil pertemuan Partai Berkarya DPD Kota Tegal dan KPU Kota Tegal dengan janji yang sudah cukup lama, Ahmad Shofi melakukan konsultasi dengan biro hukum Partai Berkarya untuk berkoordinasi dengan pihak KPU Provinsi Jawa Tengah agar permasalahannya segera terselesaikan.

Agus Wijanarko ketika ditanya sikap KPU Kota Tegal yang tetap tidak mengakui keabsahan SK yang ditanda tangani Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra, ia menganggap itu bukan kesimpulannya.

“ itu kesimpulan anda. KPU tidak begitu. Selagi proses verifikasi, semua masih sama. Kita undang semua,” Pungkas Agus Wijanarko, SH. (Anis Yahya / Foto : Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko,SH)

Index Berita