Pariwisata Kota Kediri, Kembangkan Potensi Alam dan Budaya

INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI-Destinasi Wisata Gua Selomangleng yang dimiliki Kota Kediri terus berupaya untuk meningkatkan pengunjung, melalui event-event pagelaran seni budaya.

Kota Kediri untuk mengembangkan pariwisata, melalui kesenian kerakyatan dan pagelaran seni budaya yang sudah menjadi agenda tahunan.

"Kota Kediri memiliki masa depan. Bisa dibilang Kota Kediri Home Touris, Aksesbilitas dan Pariwisata, "ucap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto saat melihat pagelaran seni budaya di Area Wisata Gua Selomangleng, Minggu (18/11)

Ia mengatakan, kalau Pariwisata Jawa Timur sudah mencapai 60 juta kunjungan. Wisman 692 ribu sedikit lagi mencapai 1 juta wisman.

"Mereka banyak mangarah ke Gunung Bromo Tengger, Gunung Semeru dan Gunung Ijen Banyuwangi," ucapnya.

Ada juga Wisnus yang fokus pada wisata budaya dan Wisata Religi Makam Sunan Bonang menjadi daya tarik.

Saat ini, JawaTimur menjadi wisata inboun banyak negara lain yang datang ke Jawa Timur, masuk melalui jalur Pacitan melalui jalur lintas selatan.

"Aksesbilitas yang dimiliki Jawa Timur sudah dimulai lewat Kapal Pesiar masuk ke Surabaya menuju ke Gili Labak dan Gili Genting Sumenep yang merupakan destinasi menjadi peluang kedepan," bebernya.

Ia menuturkan bahwa Kota Kediri dari segi pariwisata ada peluang untuk mengembangkan potensi alam dengan akses jalan tol yang bagus, dari segi pariwisata itu jelas ada peluang.

Sekarang ini Surabaya ke Kediri perjalanan tidak sampai 2 jam, ini juga peluang yang sifatnya Kurs, Longtrip maupun Reguler.

"Yang terpenting sejauh mana kita mampu mengembangkan potensi alam dan budaya yang dimiliki Kota Kediri, "tuturnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kita memang menyadari Kota Kediri destinasi kurang cukup menarik.

Konsep yang dilakukan Pemkot Kediri agar wisata yang kita miliki bisa menarik dan dikunjungi masyarakat luas.

Salah satunya melakukan event-event atau menggelar ajang pagelaran seni budaya, dengan melakukan kerjasama dengan seniman Mancanegara.

"Alhamdulillah semakin lama semakin banyak seniman yang ikut kerjasama dan semakin bagus acaranya. Secara otomatis akan menarik pengunjung dari Kediri maupun luar Kediri," ucapnya.

Kedepan melibatkan  para pelaku UMKM yang ada di Kota Kediri untuk mendatangkan pengunjung. "Kita bikin berbagai event, yang menarik bagi masyarakat," ungkapnya.  (adv/hms)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita