Parmin Ras dan Louise Aussibal, Kolaborasi Tampilkan Seni Topeng Kaliwungu

INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI-Parmin Ras akan berkolaborasi dengan Louise Aussibal seni Akrobatik asal Prancis bersama Machrus seniman asal Lumajang akan menampilkan Seni Tari Topeng Kaliwungu.

Sebelumnya, Seni Topeng Kaliwungu pernah ditampilkan dalam ajang bergengsi Asia Amazing Festival (AAF) di Swiss. 

Pemerintah Kota Kediri melalui Disbudparpora Kota Kediri mengundang Parmin Ras untuk ikut memeriahkan dalam Pagelaran Seni Budaya yang digelar di Area Wisata Gua Selomangleng, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Minggu pagi (18/11).

Besok, Seni Topeng Kaliwungu akan ditampilkan oleh Parmin Ras didampingi Louise Aussibal seni akrobatik asal Prancis dan Machrus seniman asal Lumajang.

"Kami bertiga akan menampilkan Seni Topeng Kaliwungu sedikit berbeda dengan kolaborasi bersama Louise Aussibal akan telihat apik dengan seni akrobatiknya pada Pagelaran Seni Budaya di Wisata Gua Selomangleng nanti, " terang Parmin. 

Sementara, Machrus seniman asal Lumajang menuturkan, Seni Topeng Kaliwungu yang lebih akrab disebut Tari Topeng Getak Kaliwungu merupakan wujud kombinasi antara tari Topeng Madura dan Tari Topeng Jawa.

"Seni Topeng Kaliwungu ini merupakan seni tari yang langka di Kabupaten Lumajang yang diwariskan secara turun temurun. Senemo, penciptanya yang kini sudah almarhum, merupakan pewaris terakhir seni pertunjukan Tari Topeng ini. Topeng aslinya warisan lelehurnya masih tersimpan hingga kini," imbuhnya. 

Ia menambahkan, Kelono Wungu mencoba mengudar kembali kisah penuturan sang maestro tari senemo ini masih proses dan akan terus bergulir seiring pengalaman pandang, rasa, bathin, gerak dan langkah.

"Akan sangat senang sekali kalau bisa mendengar dari penutur yang lain. Dikarenakan, karya ini masih dalam proses pencarian, " terang Machrus. 

Selain mempromosikan Seni Tari Topeng Kaliwungu, Lanjut Parmin Ras melalui pagelaran ini, agar lebih dikenal lagi, baik didalam negeri maupun diluar negeri.

"Mengingat sebelumnya Seni Topeng Kaliwungu pernah dipentaskan dalam ajang yang bergengsi Asia Amazing Festival (AAF) di Swiss," ungkapnya. (A'at)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita