Patahkan Besi, Aksi Bupati Luwu Timur di Peringatan Bela Negara

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU TIMUR - Meski tanpa latihan sebelumnya, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, sukses mematahkan sebilah besi dengan bimbingan tim pelatih bela negara dari Rindam XIV Hasanuddin.

Aksi Bupati patahkan besi ini dilakukan usai memimpin upacara Peringatan Bela Negara ke-70 di Lapangan Merdeka, Kecamatan Malili, Rabu (19/12/2018).

Selain aksi Bupati Luwu Timur, para kader bela negara yang terdiri dari berbagai organisasi masyarakat, aparat Desa hingga kader Partai Politik bergabung menjadi satu sebagai Kader Bela Negara.

Beragam aksi ditunjukkan, mulai dari mematahkan besi, mematahkan bata yang bersusun hingga menghancurkan periuk yang berbahan baku tanah liat. Sebelumnya, upacara hari bela negara berlangsung khidmat.

Seluruh komponen masyarakat baik ormas, TNI, Polri hingga pelajar ikut terlibat mengikuti upacara tersebut. Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, memimpin langsung peringatan tersebut dan membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto.

"Bela negara merupakan kerjasama seluruh elemen bangsa dan negara.

Bukan hanya Pemerintah semata. Semua komponen, baik itu dunia usaha, pendidikan, media, Tokoh pemuda dan Tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai bidang dan profesi masing-masing," kata Husler dalam amanat tersebut.

Ia menambahkan bahwa, Pemerintah Pusat telah merampungkan RoadMap Industri 4.0 dimana era ini mengakselerasi kesiapan rakyat menghadapi era robotik atau era dimana pekerja manual digantikan oleh tenaga robot.

Meskipun begitu, harus menjadi perhatian bersama bahwa kemampuan generasi milenial mengantisipasi kecepatan perubahan dunia, tidak boleh terlepas dari pondasi budaya, kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa.

"Tugas bela negara tentu bukan tugas yang ringan, seiring makin berkembangnya tantangan dan hambatan disemua sektor.

Namun dengan sinergi seluruh elemen masyarakat, maka kita semua akan mampu membawa negeri ini menjadi Negara berdaulat, mandiri, adil, makmur dan berkeperibadian dalam kebudayaan," ungkapnya.

Dalam acara peringatan Hari Bela Negara itu, Bupati Luwu Timur juga kembali menyerahkan bantuan seragam sekolah bagi pelajar SD dan SMP serta menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Bela Negara kepada kader yang telah dinyatakan lulus pelatihan.

Selain Bupati, Peringatan Hari Bela Negara ke-70 tingkat Kabupaten Luwu Timur juga diikuti Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, Ketua DPRD, H. Amran Syam, Wakapolres Lutim, Sunardjo, Perwira Penghubung, Suparman, Sekda, Bahri Suli, Ketua FKUB, H. Ardias Barah dan segenap pimpinan OPD lingkup Pemkab Luwu Timur. (Sh)

  • Whatsapp

Berita Terkait

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita