Perayaan Hari Santri Nasional di Tiongkok

INDONESIASATU.CO.ID:

TIONGKOK - Santri Nusantara Pelajar Tiongkok (SNPT) punya cara sendiri merayakan Hari Santri Nasional (HSN) walaupun berada jauh di negeri orang. SNPT merupakan wadah bagi santri yang melanjutkan mencari ilmu di negeri tirai bambu. Salah satu santri tersebut bernama Maulidin Ghifari.

Menurutnya, di Tiongkok tidak ada perayaan HSN secara resmi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesi (KBRI). Oleh karenanya, ia beserta temannya membuat acara sendiri secara mandiri. Kegiatan tersebut yaitu doa bersama untuk Indonesia, buat video dan makan-makan bersama.

“Kami para santri disini rindu dengan suasana HSN di Indonesia. Tapi keterbatasan kesempatan maka kita para santri mengadakan doa bersama, buat video, terus makan bersama. Sederhana tapi yang penting kita sesama santri dari berbagai pesantren seluruh Indonesia bisa berbagi cerita dan pengalaman,” jelasnya, Senin (22/10).

Ghifari menambahkan banyak suka-duka yang mereka rasakan saat perayaan HSN di Tiongkok. Namun dari dukanya yang paling terasa yaitu tidak ada kegiatan pawai, Istighosah bersama di lapangan dan ziarah ke makam para kiai-kiai. Dari sesi sukanya, ia dan kawan-kawannya punya banyak kenalan baru sesama santri maupun orang dari latar belakang pendidikan non pesantren. Semua seperti saudara saling membantu.

“Kita merasakan sesak yang mendalam karena dalam rindu yang tak terhingga sama pondok Pesantreb dan para kiai kita. Sudah lama tak bertemu dan suasananya berbeda. Mudah-mudahan suatu hari nanti kita bisa buat upacara hari santri kecil-kecilan,” ujarnya.

Alumni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menjelaskan selama di Tiongkok pihaknya rutin melakukan amalan Ahlussunnah Wal Jamaah ala Thoriqotun Nahdlatul Ulama seperti yasinan jamaah dan tahlilan bersama.

“Walaupun di Tiongkok, NU tetap di hati. Ajaran NU selalu kita lestarikan tanpa dikomandai tetap lanjut terus secara rutin,” tandas mahasiswa penerima Belt and Road scholarship di Sun Yat Sen University of Guangzhou.

Reporter : oji

Editor : Abdurrahman

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita