Sekretaris I PWI Jaya, Iqbal Irsyad: Dalam Menjalankan Tugas, Idealnya Wartawan Harus Memperhatikan Kode Etik Jurnalistik

indonesiasatu, 21 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Menjalankan profesi wartawan harus selalu memperhatikan Kode Etik Jurnalis, sehingga pemberitaan berimbang, akurat, dan jujur.

Hal ini disampaikan Sekretaris I PWI Jaya, Iqbal Irsyad pada kelas Orientasi Wartawan PWI Jaya, Angkatan ke 3, (21/11) di Aula Sekretariat PWI Jaya.

"Wartawan menunjukan identitas diri kepada narasumber, menghormati hak privasi, tidak menyuap, menghasilkan berita yang faktual, dan jelas sumbernya," jelas Iqbal.

Selain itu Iqbal juga mengingatkan para wartawan untuk selalu menghormati pengalaman traumatik narasumber dalam penyajian gambar, foto, dan suara.

Lebih lanjut Iqbal menyampaikan bahwa seorang wartawan harus menghindari tindakan plagiat, termasuk menyatakan hasil liputan wartawan lain sebagai karya sendiri.

"Dalam membuat berita wartawan harus selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampur fakta dengan opini, serta menerapkan azas praduga tidak bersalah," jelas Iqbal.

Iqbal menekankan pada para peserta bahwa hak privasi, masa depan anak dan korban kejahatan susila perlu dilindungi, seorang wartawan wajib memperhatikan dampak dari sebuah pemberitaan.

"Pemberitaan wartawan dalam hal menyangkut anak di bawah umur tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan susila dan tidak menyebutkan identitas anak yang melakukan kejahatan," lanjut Iqbal.

Menjawab pertanyaan para peserta, Iqbal menekankan bahwa kebebasan wartawan dalan menjalankan profesinya selalu berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik, tapi juga bisa dikontrol oleh Kode Etik Jurnalistik.

"Selama berpegang pada Kode Etik Jurnalistik dan memperhatikan dampak dari sebuah pemberitaan, maka seorang wartawan sudah menjalankan tugas jurnalistik dengan baik," tegas Iqbal. (Hendri)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu