Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Serahkan Piala Bergilir dan Uang Pembinaan Pemenang Lomba Kebersihan

WARTASUMBAR.COM: PASAMAN --- Bupati Pasaman Yusuf Lubis menyerahkan piala bergilir dan piala tetap serta uang pembinaan kepada para pemenang lomba kebersihan kantor dan lomba taman partisipatif tahun 2017 pada, Senin (13/11) pagi usai pelaksanaan apel gabungan di Halaman Kantor Bupati setempat.

Penilaian kantor terbersih dan taman partisipatif tersebut dilakukan dalam rangka Pasaman bersih, dan berbunga tahun 2017 yang telah dicanangkan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis sejak bulan April 2017 lalu. 

Ketua Pelaksana, Silfia Evayanti mengatakan penilaian kebersihan kantor OPD, dan penilaian taman partisipatif itu sudah dilakukan sejak minggu pertama bulan Oktober 2017 kemarin. Kegiatan ibi sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Pasaman ke 72 lalu.

Katanya, penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kebersihan dan lomba taman partisipatif ini sebenarnya diserahkan pada HUT Pasaman ke 72 yang lalu, namun karena adanya sesuatu dan lain hal, hadiah pemenang diserahkan pada apel gabungan ini.

Silfia Evayanti, yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan PRKP Pasaman menuturkan, untuk pemenang lomba kebersihan kantor antar SKPD se Pasaman, juara I diraih oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman dengan jumlah nilai 77,86. "BPBD Pasaman berhasil mendapat piala bergilir bupati dan piala tetap serta uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta," terang Silfia.

Selanjutnya, juara II disusul oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Pasaman dengan nilai 76,43. Dinas PUPR mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp2,5 Juta.

Kemudian, Juara III diraih oleh, Inspektorat Pasaman dengan nilai 75. Dinas tersebut mendapat hadiah piala dan uang pembinaan Rp1,5 juta rupiah.

Kata dia, adapun kriteria penilaian lomba kantor terbersih tahun ini meliputi, area perkantoran (area perkantoran harus bebas sampah termasuk gulma dan sedimen).

Dijelaskannya, tempat sampah di kantor itu juga jadi penilaian. Drainase perkantoran bebas sampah, bebas lumut dan gulma.

"Ruang terbuka hijau (RTH), sebaran pohon peneduh, sebaran pohon fungsi, tempat pembuangan sampah yang bangunan fisik, serta kebersihan WC nya juga menjadi salah satu penilaian dalam lomba itu," terangnya.

Selain penyerahan lomba kebersihan kantor, kata Silfia juga dilakukan menyerahkan hadiah lomba taman partisipatif antar OPD. Dalam lomba itu, juara I diraih oleh Dinas Pengendalian Penduuk dan KB dengan memperoleh nilai 80. Dinas Tersebut menerima, piala bergilir bupati, piala tetap serta uang pembinaan sebesar Rp.3,5 juta.

Untuk juara II disusul oleh Dinas Kesehatan Pasaman dengan nilai 77,5. Memperoleh piala dan uang pembinaan sebesar Rp2,5 Juta. Dan selanjutnya, juara III diraih oleh Dinas Pangan dengan nilai 75, dan memperoleh piala serta uang pembinaan sebesar Rp.1,5 juta. 

Pada penilaian taman partisipatif itu, indikator yang dinilai adalah, taman itu harus berbunga, areal bebas sampah dan gulma, estetika keindahan, dan pagar.

Sementara itu, terkait penghargaan itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis memberikan apresiasi kepada para Kepala OPD beserta jajarannya yang ikut berpartisipasi dalam penilaian kantor terbersih serta penilaian taman partisipatif tahun 2017 ini. 

"Kita sangat mengapresiasi partisipasinya, terutama dalam penilaian kantor terbersih dan taman partisipatif tahun 2017 ini. Dimana kegiatan ini dilakukan dalam rangka Pasaman bersih, dan tahun berbunga tahun 2017 yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman sejak bulan April 2017 lalu," terangnya.

Kata Bupati, penghargaan yang diterima oleh masing-masing OPD ini hendaknya menjadi spirit untuk lebih melakukan kerja nyata yang lebih baik lagi, demi kemajuan dan kemakmuran Ranah Pasaman yang sama-sama kita cintai. (Anto)